7 Cara Cari Informasi Sebelum Ada di Internet !

Sejak adanya internet kehidupan terasa sangat mudah. Semua informasi yang kamu butuhkan sudah tersedia di internet. Mulai dari pendidikan sampai jodoh, dari cara menikmati nasi padang sampai cara memperbesar ukuran penis. Semuanya ada deh pokoknya. Nah disaat kamu sedang menikmati kemudahan ini, pernah gak terbesit oleh mu, pikiran tentang masa lalu. Bukan, jangan pikirin mantan kamu, MBDC juga males bahasnya, Maksud MBDC adalah masa-masa disaat internet belum ada. Kira-kira kayak apa ya cara dapetin informasinya?

Baca Buku

Buku adalah jendela dunia. Semua informasi yang pengen kamu dapaeti ada di dalam buku. Makanya ada yang bilang kalau mau pintar, ya baca buku. Cuma kalau yang kamu baca itu buku stensilan mah pinternya di bidang yang lain. Nah buku ini bisa kamu dapetin di toko buku, atau kalau kamu pengen sedikit ngirit, kamu bisa langsung pergi ke perpustakaan. Rasanya sekarang ini udah sedikit banget ya orang yang dateng ke perpustakaan. Sedih deh!

Cetak/Radio/TV

Sebelum internet lahir, terlebih dahulu ada media massa konvensional yang terbagi dalam cetak dan elektronik. Cetak itu mencakup pada koran dan majalah, sedangkan elektronik ada yang namanya radio dan TV. Nah media massa konvensional ini fungsinya ya tentunya buat ngasi informasi. Jadi jaman dulu kalau mau cari berita apapun, orang-orang itu bisa liat koran atau majalah, atau dengerin radio dan nonton TV. Sampai sekarang media massa konvensional ini masih tetep ada sih, cuma gak bisa ngalahin kecepatan internet buat ngasih informasi terbaru nan terkini. Makanya media massa konvensional ini pun akhirnya bikin versi online dari prodak mereka.

Papan Pengumuman

Sesuai dengan namanya, maka fungsi pengumuman adalah buat ngasih tau, buat menyiarkan perihal apapun yang sedang terjadi di suatu wilayah. Kalau kamu dulu pas sekolah kan ada juga tuh yang namanya mading, nah sifatnya sama aja sih kayak papan pengumuman ini. Biasanya kalau papan pengumuman yang ada di suatu daerah itu berupa informasi siskamling, rapat karang taruna, acara 17an, dll yang berhubungan sama daerah tersebut.

Liat Peta

Sampe sekarang di era internet, orang juga masih gunain peta sih buat cari informasi bagaimana sampai ke tempat tertentu. Cuma yang dimaksud peta di sini yaitu peta yang tercetak, yang memaksa kamu jadi orang teliti dan sabar.

Mimpi

Jaman dulu banget, mungkin karena informasi tertentu itu susah banget didapet, akhirnya orang-orang mempercayai mimpi sebagai salah satu sumber informasinya. Mau tau nomer togel yang bakal keluar besok, cari tau dari mimpi. Mau tau jenis pekerjaan yang cocok, cari tau lewat mimpi, sampai mau dapet pasangan, cari taunya lewat mimpi. Dan kebiasaan ini pun kebawa sampe di era modern. Eh sampe sekarang masih ada gak sih yang cari informasi lewat mimpi?

Semedi

Pada level tertentu, mimpi itu kadang kurang ngasih informasi yang lengkap atau mungkin salah ngasih informasi. Nah untuk itu sebagian orang percaya buat ngedapetin informasi yang tepat mereka harus melakukan meditasi. Biasanya sih meditasi ini dilakukan di tempat yang sepi nan hening, jauh dari keramaian. Lamanya semedi juga relatif, bisa sebulan, bisa bertahun-tahun, tergantung dari informasi apa yag mau didapetin.

Nanya

Ini dia cara paling gampang namun udah mulai ditinggalin banyak orang dewasa ini. Ya, sekarang ini orang lebih seneng bertanya sama mesin pencari, yang paling terkenal itu bernama google. Karena kita lebih percaya dengan mesin pencari untuk mendapatkan informasi, maka lambat laun hubungan antar manusia pun mulai memudar. Kamu pernah gak sih sekarang-sekarang ini bertanya ke temen kamu,"Eh, Ibu Kota Indonesia itu apa ya?" Trus dengan entengnya temen kamu jawab,"Ada yang namanya google sih!". Padahal inti dari sebuah pertanyaan itu bukan sekedar mencari jawaban, tapi juga menjalin hubungan antar sesama manusia. Saat kamu suka sama seseorang, sebelum ada internet kamu juga dipaksa untuk mengenal orang tersebut secara langsung, dengan cara bertanya. Dari bertanya ini akhirnya kamu dapetin informasi tentang orang tersebut. Nah kalau jaman sekarang, semua orang udah jadi peramal. Belum pernah ketemu langsung, belum pernah ngobrol, tiba-tiba udah tau segala informasi tentang orang tersebut. Serem banget gak sih!
Kalau kamu, dulu sebelum ada internet cari informasinya dengan cara apa? Share dong di komen


sumber
Previous
Next Post »
Thanks for your comment